jump to navigation

Sedikit Tentang Photovoltaic Maret 23, 2010

Posted by pea in Teknologi.
Tags: , , , , , ,
trackback

Apa itu Photovoltaics ?

Sel Photovoltaics terlihat seperti Solar Panel akan tetapi sistem kerja dan hasil yang didapat keduanya berbeda. Solar panel menghasilkan air panas atau bahkan uap, sedangkan Sel Photovoltaic sendiri menghasilkan energi listrik dengan mengubah energi yang di dapat dari sinar matahari secara langsung. Contoh sederhana yang sering ditemukan dalam keseharian, dapat dilihat pada Kalkulator yang menggunakan Sel Photovoltaic. Jenis perangkat Sel Photovoltaic hanya menggunakan sejumlah kecil energi listrik untuk dapat bekerja dan bahkan dapat digunakan di dalam ruangan dengan mengganti sinar matahari dengan sinar lampu.

Saat ini Sel Photovoltaic sudah diperkenalkan dan digunakan pada daerah – daerah yang belum mendapatkan pasokan tenaga listrik oleh lembaga pemerintahan. Energi listrik untuk pompa air, untuk penerangan di malam hari dan untuk perangkat telekomunikasi Sel Photovoltaic sudah digunakan.

Sistem Kerja Sederhana

Silikon adalah bahan semikonduktor yang mampu menghantarkan listrik dan digunakan sebagai bahan utama untuk sel Photovoltaic. Boron atau Fosfor ditambahkan ke bahan dasar ini. Boron atau Fosfor ini akan membebaskan elektron dan lalu mengarahkannya kepada beban listrik ketika sinar matahari menyentuh Panel Sel Photovoltaic. Sebagai ilustrasi dapat dilihat pada gambar berikut :

%d blogger menyukai ini: