jump to navigation

Acara Pernikahan Adat Batak Februari 12, 2010

Posted by pea in Batak.
Tags: , , ,
trackback

Berikut ini sedikit ulasan mengenai urut-urutan Pernikahan Adat Batak.

A. Mangarisika adalah kunjungan utusan pihak paranak (pria) yang tidak resmi ke tempat pihak parboru (wanita) dalam rangka penjajakan. Jika pintu terbuka untuk mengadakan peminangan maka pihak orang tua pria memberikan tanda mau (tanda holong) dan pihak wanita memberi tanda mata. Jenis barang-barang pemberian itu dapat berupa kain, cincin emas, dan lain-lain.

B. Marhori-hori Dinding/Marhusip, pembicaraan antara kedua belah pihak yang melamar dan yang dilamar, terbatas dalam hubungan kerabat terdekat dan belum diketahui oleh umum.

C. Marhata Sinamot, pihak kerabat pria (dalam jumlah yang terbatas) datang pada kerabat wanita untuk melakukan marhata sinamot, membicarakan masalah uang jujur (tuhor).

🙂 Yang menjadi catatan adalah untuk acara marhata sinamot ini, sebaiknya tidak diikut oleh orang tua dari pihak pria kenapa demikian ???? yang ditakutkan adalah orang tua dari pihak pria “kelepasan bicara”🙂

D. Pudun Sauta, pihak kerabat pria tanpa hula-hula mengantarkan wadah sumpit berisi nasi dan lauk pauknya (ternak yang sudah disembelih) yang diterima oleh pihak parboru dan setelah makan bersama dilanjutkan dengan pembagian Jambar Juhut (daging) kepada anggota kerabat, yang terdiri dari :

  1. Kerabat marga Ibu (hula-hula)
  2. Kerabat marga Ayah (dongan tubu)
  3. Anggota marga Menantu (boru)
  4. Pengetuai (orang-orang tua)/pariban

Diakhir kegiatan Pudun Saut maka pihak keluarga wanita dan pria bersepakat menentukan waktu Martumpol dan Pamasu-masuon.

E. Martumpol (baca : martuppol), penanda-tanganan persetujuan pernikahan oleh orang tua kedua belah pihak atas rencana perkawinan anak-anak mereka dihadapan pejabat gereja. Tata cara Partumpolon dilaksanakan oleh pejabat gereja sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Tindak lanjut Partumpolon adalah pejabat gereja mewartakan rencana pernikahan dari kedua mempelai melalui warta jemaat, 🙂 m…m…m…kebetulan saya jemaat HKBP🙂 di HKBP disebut dengan Tingting (baca : tikting). Tingting ini harus dilakukan dua kali hari minggu berturut-turut. Apabila setelah dua kali tingting tidak ada gugatan dari pihak lain baru dapat dilanjutkan dengan pemberkatan nikah (pamasu-masuon). 🙂 sepertinya cukup sekali doank deh🙂

F. Martonggo Raja atau Maria Raja adalah suatu kegiatan pra pesta/acara yang bersifat seremonial yang mutlak diselenggarakan oleh penyelenggara pesta/acara yang bertujuan untuk :

  1. Mempersiapkan kepentingan pesta/acara yang bersifat teknis dan non teknis
  2. Pemberitahuan pada masyarakat bahwa pada waktu yang telah ditentukan ada pesta/acara pernikahan dan berkenaan dengan itu agar pihak lain tidak mengadakan pesta/acara dalam waktu yang bersamaan.
  3. Memohon izin pada masyarakat sekitar terutama satu kampung 🙂 bahasa gaulnya dongan sahuta🙂 atau penggunaan fasilitas umum pada pesta yang telah direncanakan.

G. Manjalo Pasu-pasu Parbagason (Pemberkatan Pernikahan), pengesahan pernikahan kedua mempelai menurut tatacara gereja (pemberkatan pernikahan oleh pejabat gereja). Setelah pemberkatan pernikahan selesai maka kedua mempelai sudah sah sebagai suami-istri menurut gereja. Setelah selesai seluruh acara pamasu-masuon, kedua belah pihak yang turut serta dalam acara pamasu-masuon maupun yang tidak pergi menuju tempat kediaman orang tua/kerabat orang tua wanita untuk mengadakan pesta unjuk. Pesta unjuk oleh kerabat pria disebut Pesta Mangalap parumaen (baca : parmaen)

🙂 saran saya tempat salon pengantin wanita sebaiknya berbeda dengan pihak keluarga wanita…. mengapa demikian pea ? m…m…m….ada kemungkinan pengantin pria tidak akan dapat jatah oleh pengantin wanita🙂 penasaran ????? silakan dicoba😀

H. Pesta Unjuk, suatu acara perayaan yang bersifat sukacita atas pernikahan putra dan putri. Ciri pesta sukacita ialah berbagi jambar. Jambar yang dibagi-bagikan untuk kerabat parboru adalah jambar juhut (daging) dan jambar uang (tuhor ni boru) dibagi menurut peraturan. Jambar yang dibagi-bagikan bagi kerabat paranak adalah dengke (baca : dekke) dan ulos yang dibagi menurut peraturan. Pesta Unjuk ini diakhiri dengan membawa pulang pengantin ke rumah paranak.

I. Mangihut di ampang (dialap jual) yaitu mempelai wanita dibawa ke tempat mempelai pria yang dielu-elukan kerabat pria dengan mengiringi jual berisi makanan bertutup ulos yang disediakan oleh pihak kerabat pria.

J. Ditaruhon Jual, jika pesta untuk pernikahan itu dilakukan di rumah mempelai pria, maka mempelai wanita dibolehkan pulang ke tempat orang tuanya, kemudian diantar lagi oleh para namborunya. Dalam hal ini paranak wajib memberikan upa manaru (upah mengantar), sedang dalam dialap jual upa manaru tidak dikenal.

K. Daulat ni si Panganon, setibanya pengantin wanita beserta rombongan di rumah pengantin pria, maka diadakanlah acara makan bersama dengan seluruh undangan yang masih berkenan ikut ke rumah pengantin pria.
Makanan yang dimakan adalah makanan yang dibawa oleh pihak parboru

L. Paulak Unea, setelah satu, tiga, lima atau tujuh hari si wanita tinggal bersama dengan suaminya, maka paranak, minimum pengantin pria bersama istrinya pergi ke rumah mertuanya untuk menyatakan terima kasih atas berjalannya acara pernikahan dengan baik, terutama keadaan baik pengantin wanita pada masa gadisnya 🙂 acara ini lebih bersifat aspek hukum berkaitan dengan kesucian si wanita sampai ia masuk di dalam pernikahan🙂 m…m…m…. Setelah selesai acara paulak une, paranak kembali ke kampung halamannya/ rumahnya dan selanjutnya memulai hidup baru.

M. Manjahea, setelah beberapa lama pengantin pria dan wanita menjalani hidup berumah tangga (kalau pria tersebut bukan anak bungsu), maka ia akan dipajae, yaitu dipisah rumah (tempat tinggal) dan mata pencarian dari orang tua si pria.

N. Maningkir Tangga (baca : manikkir tangga) beberapa lama setelah pengantin pria dan wanita berumah tangga terutama setelah berdiri sendiri (rumah dan mata pencariannya telah dipisah dari orang tua si laki-laki) maka datanglah berkunjung parboru kepada paranak dengan maksud maningkir tangga (yang dimaksud dengan tangga disini adalah rumah tangga pengantin baru). Dalam kunjungan ini parboru juga membawa makanan (nasi dan lauk pauk, dengke sitio tio dan dengke simundur-mundur). 🙂 sebenarnya ini lebih kepada melihat..m…m….m….Apakah kalian memperlakukan boru ku dengan baik ?🙂

Demikian lah disampaikan. Jika masih ragu, silakan hubungi tetua adat setempat lalu datang lah lagi dan diperbolehkan untuk koreksi🙂

%d blogger menyukai ini: