jump to navigation

Ferosemen Januari 30, 2010

Posted by pea in Teknologi.
trackback

Dalam perkembangan pembangunan pengelolaan sumber daya air di Indonesia, ferosemen merupakan teknologi konstruksi alternatif yang telah digunakan dalam penyediaan suplai air dan pembangunan irigasi. Teknologi ferosemen mudah untuk diterapkan, hasilnya tahan lama, dan lebih ekonomis mampu meningkatkan performa system konstruksi. Teknologi ferosemen mudah untuk diadaptasi baik ke dalam prinsip – prinsip maupun teori hidraulika yang tepat. Beberapa keunggulan lainnya yaitu penggunaan material- material dalam pembangunan sangat mudah di dapatkan, menjadikan teknologi ini ekonomis dari segi biaya. Metode yang digunakan juga amat sederhana dan bisa diadaptasi di berbagai lokasi, serta mampu dioperasikan oleh para petani. Ferosemen bukanlah ide baru, teknologi ini sebenarnya ada di sekeliling kita dan sering digunakan dalam kehidupan sehari – hari. Teknologi yang menggunakan teknik konstruksi kawat dan plester ini sudah mulai diterapkan sejak masa Michaelangelo dan Leonardo Da Vinci. Struktur ferosemen yang mudah dikerjakan dan ramah lingkungan sangat cocok untuk diterapkan di berbagai bentuk konstruksi.

Bentuk penulangan yang tersebar merata hampir di seluruh bagian memungkinkan untuk dibuat struktur tipis dengan berbagai bentuk struktur sesuai dengan kreasi perencananya. Ferosemen adalah suatu tipe dinding tipis beton bertulang yang dibuat dari mortar semen hidrolis diberi tulangan dengan kawat anyam/kawat jala (wiremesh) yang menerus dan lapisan yang rapat serta ukuran kawat relatif kecil. Anyaman ini bisa berasal dari logam atau material lain yang tersedia. Kehalusan dan komposisi matriks mortar seharusnya sesuai dengan system anyaman dan selimut (pembungkusnya). Mortar yang digunakan dapat juga diberi serat/fiber.

Perbedaan ferosemen dengan beton bertulang terletak pada sifat fisiknya, yaitu lebih tipis dan memiliki tulangan yang terdistribusi pada setiap ketebalannya. Untuk sifat mekaniknya, antara lain kedap air tinggi dan lemah terhadap temperatur tinggi. Hal lainnya yang juga dimiliki ferosemen adalah memiliki tarikan kuat dan kelenturan yang tinggi. Dari sisi pemeliharaan, ferosemen sangat mudah untuk perawatan dan perbaikan.

Beberapa tulisan/artikel mengenai Ferosemen dapat diambil dibawah ini :

1.  Potensi Ferosemen untuk Rumah Tahan Gempa

2. Seminar-Proposal-Ferosemen

3. http://cari-pdf.com/pdf.php?q=ferosemen

%d blogger menyukai ini: